Apa Itu Procurement, Apa Saja Tugas Dan Tanggung Jawabnya?

Apa itu Procurement? - Procurement adalah proses membeli atau pengadaan kebutuhan perusahaan dari penyedia layanan atau biasa disebut suplier untuk memenuhi kebutuhan internal suatu organisasi atau perusahaan.

Proses procurement meliputi beberapa tugas utama, yaitu: menentukan kebutuhan, mencari suplier, negosiasi harga, mengelola kontrak suplier, dan menjaga hubungan dengan suplier.

Tujuan dari proses procurement adalah untuk memastikan bahwa organisasi memperoleh barang dan jasa yang diperlukan dengan harga terbaik dan pastinya dengan kebutuhan.

Pekerjaan procurement biasanya dilakukan oleh profesional yang bertanggung jawab untuk membeli barang dan jasa yang diperlukan oleh organisasi.

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Procurement?

Lalu apa saja tugas dan tanggung jawab dari Procurement?

Adapun tugas dan tanggung jawab dari seorang Procurement sendiri antara lain:

  1. Menentukan Kebutuhan Perusahaan
    Pekerja procurement harus memahami kebutuhan organisasi dan menentukan apa yang harus dibeli, kapan harus dibeli, dan dari siapa harus dibeli.
  2. Mencari Suplier
    Pekerja procurement harus mencari penyedia yang tepat untuk memenuhi kebutuhan organisasi, baik melalui proses penawaran atau lelang.
  3. Negosiasi
    Seorang procurement harus memastikan bahwa harga yang ditawarkan oleh penyedia sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan dan mencoba untuk mendapatkan harga terbaik melalui proses negosiasi.
  4. Mengelola Kontrak/Kerja Sama
    Seorang procurement juga wajib mengelola kontrak dengan suplier dan memastikan bahwa semua kewajiban yang tercantum dalam kontrak terpenuhi.
  5. Menjaga Hubungan Kerja Dengan Suplier
    Seorang procurement harus menjaga hubungan baik dengan para suplier dan memastikan bahwa semua kebutuhan organisasi terpenuhi tepat waktu serta sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati.

Secara umum, pekerjaan procurement bertujuan untuk memastikan bahwa organisasi memperoleh barang dan jasa yang diperlukan dengan harga sesuai budget perusahaan dan pastinya sesuai dengan kebutuhan.

Berapakah Gaji Procurement Di Indonesia?

Gaji seorang pekerja procurement di Indonesia sendiri tergantung pada beberapa faktor, seperti tingkat pendidikan, pengalaman kerja, dan posisi yang dipegang dalam organisasi/perusahaan tempat bekerja.

Menurut data yang tersedia dari beberapa sumber di internet, rata-rata gaji untuk seorang pekerja procurement di Indonesia berkisar antara Rp. 5 juta sampai Rp. 10 juta rupiah per bulan.

Tetapi, hal tersebut hanya estimasi umum. Tentunya seorang procurement bisa mendapatkan gaji lebih tinggi ataupun lebih rendah tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan di atas.

Selain itu, perlu diingat bahwa informasi gaji ini hanya sebagai panduan umum dan TIDAK UNTUK dijadikan sebagai patokan, karena dapat berbeda-beda tergantung pada perusahaan dan faktor-faktor yang telah disebutkan di atas.


 

Jadi? apakah kamu siap untuk melamar pekerjaan sebagai Procurement? Yuk langsung bikin resume kamu di sini.

Penting: Loker Headquarters tidak pernah meminta bayaran sepeserpun dari kandidat yang melamar kerja. Jika ada perusahaan yang meminta biaya untuk proses lamaran, sebaiknya abaikan dan laporkan kepada kami melalui email help[@]lokerhq.com

 

 


  • Follow Us: