Apa tujuan dari interview?

Tujuan utama dari interview adalah untuk mengetahui lebih lanjut tentang calon karyawan dan menentukan apakah seseorang cocok untuk posisi yang dilamar. Interview juga merupakan kesempatan bagi perusahaan untuk mengetahui lebih lanjut tentang kemampuan, pengalaman, dan minat calon karyawan. Tujuan lain dari interview adalah untuk memahami apakah calon karyawan akan cocok dengan budaya perusahaan dan apakah mereka akan dapat bekerja sama dengan tim lainnya.

Selain itu, interview juga merupakan kesempatan bagi calon karyawan untuk mengetahui lebih lanjut tentang perusahaan dan posisi yang dilamar, serta untuk menunjukkan kemampuan dan kualifikasi mereka kepada pewawancara. Interview juga merupakan kesempatan bagi calon karyawan untuk mengetahui apakah posisi tersebut sesuai dengan minat dan tujuan karier mereka.

Penting: Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Melamar Pekerjaan

Apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan saat interview?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat interview:

  1. Resume atau CV: Bawa salinan resume atau CV Anda ke interview. Ini akan membantu pewawancara mengetahui latar belakang dan pengalaman kerja Anda, serta kemampuan yang Anda miliki.
  2. Portofolio: Bawa portofolio atau contoh pekerjaan yang pernah Anda kerjakan jika diperlukan. Ini akan membantu pewawancara melihat kualitas pekerjaan Anda dan bagaimana Anda menyelesaikan proyek.
  3. Informasi tentang perusahaan: Carilah informasi tentang perusahaan sebelum interview. Ini akan membantu Anda mengetahui apa yang diharapkan pewawancara dan bagaimana Anda dapat menjawab pertanyaan tentang perusahaan tersebut.
  4. Pertanyaan yang mungkin diajukan: Persiapkan pertanyaan yang mungkin diajukan oleh pewawancara, seperti tentang latar belakang, pengalaman kerja, dan kemampuan Anda. Ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan dengan lebih percaya diri dan mempersiapkan diri untuk mengikuti interview.
  5. Pakaian yang sesuai: Persiapkan pakaian yang sesuai untuk interview. Ini akan menunjukkan bahwa Anda memperhatikan detail dan menghargai interview yang akan datang. Pastikan pakaian Anda bersih, rapi, dan sesuai dengan kode etiket yang ditetapkan oleh perusahaan.
  6. Informasi kontak: Bawa salinan kartu nama atau informasi kontak Anda ke interview. Ini akan memudahkan pewawancara menghubungi Anda jika diperlukan.
  7. Sertifikat atau ijazah: Bawa salinan sertifikat atau ijazah yang relevan jika diperlukan. Ini akan membuktikan kemampuan dan kualifikasi Anda untuk posisi yang dilamar.
  8. Dokumen lain yang diperlukan: Bawa dokumen lain yang diperlukan, seperti surat rekomendasi atau contoh pekerjaan lainnya, jika diperlukan. Pastikan untuk membawa salinan asli untuk ditunjukkan kepada pewawancara jika diperlukan.

Baca juga: Kesalahan yang dilakukan di awal karir

Bagaimana cara menyikapi hasil interview?

Setelah menyelesaikan wawancara, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menanggapi hasil akhirnya:

  1. Terima hasilnya dengan sikap yang positif, terlepas dari apakah Anda diterima atau tidak. Ini akan memperlihatkan kepada pihak yang memberi wawancara bahwa Anda adalah seseorang yang profesional dan bisa menangani keputusan yang tidak sesuai dengan yang Anda harapkan.
  2. Jika Anda diterima, ucapkan terima kasih kepada pihak yang memberi wawancara atas kesempatan yang diberikan dan tanyakan tentang tahap selanjutnya dalam proses rekrutmen.
  3. Jika Anda ditolak, cobalah untuk menanyakan alasan mengapa Anda tidak dipilih. Ini dapat memberi Anda peluang untuk belajar dari pengalaman dan meningkatkan keterampilan Anda untuk wawancara di masa yang akan datang.
  4. Ingat bahwa tidak diterima untuk satu pekerjaan tidak menjamin bahwa Anda tidak akan diterima untuk pekerjaan lain. Jangan menyerah dan terus mencari peluang lain yang sesuai dengan kemampuan dan minat Anda.

Seperti yang Anda tahu, melamar pekerjaan dapat diibaratkan seperti memancing ikan.

Jika Anda tidak mendapatkan hasil pada umpan pertama, janganlah putus asa. Tetaplah menebar umpan setiap kali ada peluang.


Loker Headquarters menyediakan berbagai macam lowongan untuk berbagai lulusan, dari SMA hingga Doctor. Anda dapat mencoba melamar di platform kami sebagai alternatif dari platform lain yang sudah Anda coba namun belum menemukan hasil.

Jadi janganlah menyerah dan teruslah mencoba!

Jika Anda belum diterima, Anda dapat mencoba resume dari kami di sini!